RICE saat gowes

Goweser pernah mendengar istilah RICE? Tentu yang kami maksud bukan rice bahasa Inggris yang berarti beras. RICE yang dimaksud adalah Rest, Ice, Compression dan Elevation, istilah dalam dunia kedokteran untuk penanganan pertama pada cidera otot, ligamen dan tendon.

Rest (istirahat)
Merupakan tahap terpenting dalam penanganan cidera. Dengan beristirahat, masa penyembuhan cidera akan berjalan dengan lebih cepat.

Ice (kompres dingin)
Sangat baik untuk mengurangi inflamasi reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh. Lamanya kompres dingin yang baik adalah 20 menit setiap jamnya. Rekomendasi lainnya menyarankan melakukan kompres dingin selama 15-20 menit berhenti 15-20 menit dan kembali kompres dingin 15-20 menit. Lakukan berulang-ulang selama 24-48 jam.

Compression (Penekanan)
Digunakan untuk mengurangi pembengkakan yang berlebihan yang dapat mengganggu gerakan dan menyebabkan sakit berlebih. Penekanan yang dilakukan sebaiknya menggunakan perban elastis agar aliran darah dapat tetap berjalan dengan baik dan bagian tubuh yang diperban tetap dapat digerakkan bila diperlukan.

Elevation (Pengangkatan)
Dimaksudkan untuk mengurangi pembengkakan dengan menaikkan bagian tubuh yang cidera sehingga sirkulasi darah berjalan kembali ke sistem pusat peredaran darah.

Cidera apa saja yang perlu diberikan penanganan RICE?

Saat melakukan olahraga bersepeda, cidera mungkin saja terjadi pada kita. Mungkin saja terjatuh dan memar pada bagian tertentu. Memar atau istilah medisnya hematoma, terjadi karena adanya benturan benda tumpul pada bagian tubuh yang menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit pecah. Tanda-tanda memar adalah terjadi pendarahan, terlihat biru ataupun hitam. Tak lama kemudian akan terasa sakit, bengkak dan menyebabkan gerakan pedalis terganggu. Nah saat itulah RICE dibutuhkan untuk penanganan pertama.

Cidera lain yang memerlukan RICE (mudah-mudahan kita semua tidak pernah mengalami ini) adalah strain atau otot pedalis mengalami sobek bahkan putus yang terjadi karena otot berkontraksi dengan beban yang terlalu berat. Sebagai upaya penanganan pertama adalah lakukan RICE, setelah itu, tentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis. Perlu diingat bahwa RICE itu hanya merupakan penanganan pertama ya, bukan untuk pengobatan cidera. salam gowes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  Customer Service Center

Silahkan Pilih cara menyampaikan feedback produk yang anda beli melalui pilihan dibawah ini.

Don’t miss out! Subscribe now

Customer Service Center

we'd love to have your feedback on your experience so far

Customer Service Center

0813-8804-0014

Terima kasih

Tim Support kami akan segera menghubungi anda untuk konfirmasi lebih lanjut.