Ada cerita dari seorang pesepeda yang katanya tidak mau lagi jika diajak bersepeda gunung. Ia lebih memilih untuk menggunakan sepeda gunung nya di jalan raya atau di tanah yang datar. Hal ini sebenarnya disebabkan karena ia pernah jatuh dari sepeda saat ia dan teman-temannya bersepeda di kawasan puncak. Ia jatuh dengan hanya mengalami luka yang ringan, tapi hal ini sudah membuat dia tidak mau lagi jika gowes di tanjakan yang tinggi. Nah berikut adalah beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat bersepeda gunung.

  1. Siapkan Toolkit 

Pernah lihat ada bengekel di track off road? Nda pernah kan. Iya, tidak ada bengkel di track off road. Jadi, jika ada sedikit problem dengan sepeda gunung kalian, kalianlah yang harus jadi mekanik sendiri. Itulah perlunya untuk menyiapkan sendiri segala toolkit dan part cadangan yang harus dibawa. Jika kalian kurang paham apa yang sebaiknya perlu untuk dibawa, konsultasikan dengan mekanik sepeda apa saja peralatan dan part cadangan yang harus dibawa.

  1. Tahu Cara Menggunakannya

Jangan lupa, tidak hanya membawa peralatan itu saja, tapi pastikan juga kalau kalian bisa menggunakan peralatan tersebut. Karena ada banyak orang yang membawa peralatan yang komplit, tapi saat prakteknya, tidak bisa menggunakan peralatan tersebut. Jadi, sebelum goweser membeli toolkit sebaiknya tanyakan dulu kepada mekanik sepeda, bagaimana cara menggunakan peralatan tersebut. Jika kalian merasa kurang yakin, tanya ke teman yang sudah ahli atau pelajari sendiri (self-taught) lewat berbagai tutorial di internet. Atau cara yang paling gampang, ajaklah bersepeda gunung teman yang sudah ahli dalam menggunakan peralatan tersebut. Jadi kalau ada masalah, dia bisa bantuin sekaligus ngajarin kamu langsung.

  1. Berlatih Teknis Bersepeda

Trek di medan off road itu banyak ragamnya. Karena itulah, kalian perlu berlatih teknis agar bisa sukses melalui beragam rintangan. Belajar yang dimaksud di sini tak harus secara teknis, tetapi bisa belajar dengan mencoba medan yang ringan. Setelah kalian bisa menguasai medan yang ringan tersebut, tingkatkanlah ke trek yang lebih sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Customer Service Center

we'd love to have your feedback on your experience so far

Don’t miss out! Subscribe now

Terima kasih

Tim Support kami akan segera menghubungi anda untuk konfirmasi lebih lanjut.