Seperti yang kita ketahui obesitas dan diabetes sudah banyak terjadi di Indonesia. Kasus obesitas terus menerus bertambah jumlahnya, baik ada di negara maju maupun negara berkembang. Tidak dipungkiri bahwa Amerika Serikat memiliki tingkat obesitas tertinggi di dunia. Tapi, kita juga perlu mengetahui bahwa obesitas pada orang dewasa di Indonesia meningkat dari 16,8 % pada tahun 2007 (Riskesdas 2007) menjadi 31,4 pada tahun 2013 (Riskesdas 2013). Dan, hal ini akan terus menerus meningkat tiap tahunnya. Sedangkan untuk diabetes, menurut Data International Diabetes Federation (2015), orang yang terkena diabetes diperkirakan mencapai 10 juta. Wah, nda kebayang kan banyaknya yang terkena diabetes.

Menurut Data Sample Registration Survey (2014), diabetes merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia yang ke 3 dengan persentase 6,7 %. Yang pertama adalah stroke dengan persentase 21,1 % dan y ang kedua adalah jantung koroner dengan persentase 12,9%.

Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut, WHO menyarankan untuk memperbanyak aktivitas fisik dan diet. Hal yang bisa dilakukan seperti gowes sepeda gunung. Dengan olahraga gowes, kita bisa mencegah terjadinya obesitas dan diabetes. Yuk gowes sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Pelanggan

we'd love to have your feedback on your experience so far