Gowes sudah menjadi kebiasaan sehari-hari buat para pecinta sepeda gunung. Tapi, pernahkah kalian mengalami nyeri otot saat gowes di tanjakan? Penyebab nyeri otot saat tanjakan memang untuk setiap orang berbeda. Tapi, ada salah satu penyebab kecil yang ternyata dapat membuat kalian nyeri otot.

Jika kalian mengayuh sepeda gunung di jalanan yang menanjak, kalian mungkin mengayuhnya dengan susah payah hingga berpeluh. Nah, sebenarnya saat inilah asam laktat akan menumpuk di otot dan dapat berkontribusi terhadap timbulnya nyeri otot. Asam laktat sendiri merupakan hasil metabolisme karbohidrat yang diproduksi di sel otot.

Untuk mencegah terjadinya nyeri otot, tetaplah mengayuh sepeda ketika di jalanan menurun, meskipun memang tanpa dikayuh pun sepeda dapat meluncur begitu saja. Tapi, dengan mengayuh ringan terus-menerus saat di jalan menurun, kalian dapat membantu menghilangkan asam laktat, sehingga tidak terjadi nyeri otot.

Yuk bisa coba kalian praktikan, apakah nyeri otot kalian datangnya dari sini. Jika datang dari sini, coba kayuh perlahan saat gowes di jalanan yang turun ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Customer Service Center

we'd love to have your feedback on your experience so far

Don’t miss out! Subscribe now

Terima kasih

Tim Support kami akan segera menghubungi anda untuk konfirmasi lebih lanjut.