Jika kalian ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka performa kalian saat gowes juga harus maksimal. Yuk intip tips berikut ini.

  1. Perhatikan Irama Dayungan Pedal

Jika ingin maksimal, perhatikan irama dayungan pedal. Irama dayungan pedal yang ideal pada umumnya berkisar 60-80 putaran per menit (rpm). Hal ini tentu berbeda jika kalian bandingkan dengan pembalap sepeda yang bisa mengayuh pedal di kisaran 80-100 rpm.

Kalian bisa  meningkatkan kecepatan dan kekuatan bersepeda dengan menyempurnakan kayuhan sepeda gunung. Kalian bisa mencobanya dengan bergantian mendorong dan menarik pedal antara kaki kanan dan kiri secara perlahan-lahan bila pedalmu berjenis clipless pedal. Dengan melakukan hal ini, akan lebih banyak ototmu yang terkena dampak tekanan sehingga bisa menjadikan kaki lebih ramping.

  1. Ubah Posisi Tubuh

Supaya tekanan dan titik berat pada otot serta saraf tidak selalu terkonsentrasi di satu area tertentu, cobalah untuk sesekali memvariasikan posisi tubuh dan tanganmu. Ubahlah sudut lengan, punggung, dan leher. Jangan kaku, tapi dibuat santai saja. Lengan dan sikumu tidak perlu dibuat kaku terkunci agar lebih mudah ketika melalui jalanan yang tidak rata. Selain itu, hindari berpegangan pada bagian melengkung setang untuk waktu yang lama. Hal ini dapat membuat kram pada tangan, bahu, dan leher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *