Ada satu hal yang menjadi pertanyaan buat para pecinta sepeda gunung, yaitu kram. Pasti gowes jadi tidak menyenangkan lagi jika kram tiba-tiba mendadak muncul. Terus, apa sih alasan bisa terjadi kram saat bersepeda? Ada banyak alasan penyebab terjadinya kram. Tapi, biasanya kram terjadi karena otot berkontraksi secara mendadak dengan intensitas tinggi. Otot yang biasanya berkontraksi seperti hal ini adalah otot yang bersilangan pada 2 sambungan seperti otot pergelangan kaki, otot paha depan dan belakang. Kram biasanya terjadi kurang lebih 1 menit. Tapi, terkadang ada yang bisa terjadi lebih dari itu.

Nah, berikut adalah beberapa penyebab kram bisa terjadi.

1.Aliran darah yang menuju otot berkurang. Hal ini bisa disebabkan karena adanya tumpukan asam laktat yang berada apada aliran darah. Karena aliran darah berkurang, hal ini akan mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi kurang sempurna, karena itulah otot pun bisa menjadi kram.

2.Bersepeda atau gowes saat kondisi dingin. Jika goweser bersepeda saat cuaca lagi dingin-dinginnya, jangan kaget kalau kaki bisa menjadi kram. Hal ini dikarenakan mekanisme pemanasann tubuh terganggu yang mengakibatkan aliran darah tidak lancar. Karena itu, untuk menghindari kram, jangan bersepeda saat cuaca sedang hujan atau lagi dingin-dinginnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *