Kota Penggila Sepeda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

“Kota penggila sepeda”, tahukan anda kota yang sangat menyukai sepeda?

Tahukan kalian terdapat satu kota yang dimana penduduknya lebih menggunakan sepeda untuk berpergian. Tidak heran lagi jika kalian pergi ke tempat ini, kalian akan menemukan banyak pengguna sepeda gunung dan sepeda lainnya untuk gowes ke sekolah, kantor, pusat perbelanjaan, dll. Dari yang kecil hingga dewasa hampir semuanya menggunakan sepeda untuk berpergian. Terlihat seperti peraturan, namun perlu kalian ketahui bahwa ini bukanlah peraturan dari kota tersebut melainkan memang penduduk kota tersebut yang sangat menyukai sepeda dan memilih untuk bersepeda sebagai cara bertransportasinya.

Baca juga: Satu-Satunya Tempat Parkir Full Sepeda

Iya, kota ini adalah kota Utrecht, kota yang sering banget disebut kota gila sepeda. Berikut beberapa foto keadaan dari kota penggila sepeda.

masyarakat utrecht yang sedang melakukan aktifitas dengan sepeda.

para wanita yang memilih sepeda sebagai alat transportasi utamanya

bersepeda sambil berbincang

masyarakat utrecht

kemacetan saat bersepeda di utrecht

Wah, beda banget sama keadaan di negara kita yah, karena lebih banyak menggunakan kendaraan ber motor yang pastinya lebih banyak menghasilkan polusi. Terhitung kurang lebih 1,3 juta sepeda terjual di Belanda khususnya di kota utrecht pada tahun 2009. Dengan harga rata-rata mencapai 713 Euro. Bagaimana dengan Infrastrukturnya? Sebagai contoh, Amsterdam (Ibukota sekaligus kota terbesar di Belanda) juga merupakan salah satu kota didunia yang paling bersahabat dengan sepeda. Amsterdam memiliki 400 km jalur sepeda.

Bagaimana dengan negara lain? berikut paparan data sepeda perkapitanya: Denmark diurutan dua dengan 80,1%, Jerman diurutan tiga dengan 75,8%, Swedia diurutan empat dengan 63,7%, Norwegia diurutan lima dengan 60,7%, Finlandia diurutan enam dengan 60,4%, Jepang diurutan tujuh dengan 56,9%, Swiss diurutan kedelapan dengan 48,8%, Belgia diurutan sembilan dengan 48%, barulah China berada diurutan kesepuluh dengan jumlah sepeda yang mencapai 37,2% dari total penduduknya yang mencapai 1,3 Milliar. Nah kalau sekarang Indonesia masuk urutan keberapa yah?

 

Penulis: Refaldi

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Service Center

0812-9052-5672

*Untuk menggunakan fitur ini mohon pastikan anda sudah menginstall Whatsapp di handphone/komputer anda.

Customer Service Center

0813-8804-0014

*Untuk menggunakan fitur ini mohon pastikan anda sudah menginstall Whatsapp di handphone/komputer anda.

Pilih tempat belanja favorit

Login

Don’t miss out! Subscribe now