Setelah gowes sepeda gunung, kebanyakan orang akan memilih untuk segera mandi. Nah, jika kalian bingung mau mandi dengan air panas atau dingin, kalian bisa baca post berikut ini. Berikut adalah khasiat mandi menggunakan air panas, seperti yang dilansir di HelloSehat:

  • Melancarkan peredaran darah, apalagi jika Anda mandi di bawah pancuran dengan tekanan air yang stabil. Berdiri di bawah pancuran selama 5 menit bisa semakin memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.
  • Melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri. Sambil menikmati mandi air panas, Anda bisa sambil menggerak-gerakkan leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang sedang terasa kaku. Anda juga boleh sambil memijat ringan tubuh, misalnya pada lengan atau kaki. Kalau punya pancuran, Anda juga bisa mandi dengan air panas dan berdiri di bawahnya selama kira-kira 10 menit. Tekanan air dari pancuran berfungsi sebagai pemijat alami yang ampuhmeredakan otot yang nyeri dan kaku.
  • Mengurangi stres dan cemas. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Inggris pada tahun 2002 menguak bahwa air panas bisa merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertanggung jawab untuk membuat Anda merasa lebih senang dan positif.
  • Mencegah insomnia dan gangguan tidur. Bagi Anda yang sulit tidur karena insomnia atau memiliki gangguan tidur tertentu, silakan mencoba mandi air panas sebelum tidur. Anda pun akan merasa lebih tenang dan tidur lebih berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *