Setelah gowes sepeda gunung, kebanyakan orang akan memilih untuk segera mandi. Nah, jika kalian bingung mau mandi dengan air panas atau dingin, kalian bisa baca post berikut ini. Berikut adalah khasiat mandi menggunakan air dingin, seperti yang dilansir di HelloSehat:

  • Menyegarkan pikiran. Mandi air dingin di pagi hari bisa membuat Anda tetap segar dan terjaga. Suhu air yang dingin bisa memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis adrenalin yang akan membantu pikiran Anda tetap waspada secara alami.
  • Menjaga kesehatan rambut dan kulit. Tak seperti air panas yang membuat kulit kering, air dingin bisa membuat kulit tetap lembap dan kenyal. Rambut Anda juga jadi lebih lembut dan bercahaya alami.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian dalam European Journal of Applied Physiology and Occupational Physiology membuktikan bahwa suhu yang dingin bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Ini karena saat mandi air dingin, tubuh memproduksi berbagai protein yang dibutuhkan olehsistem imun guna melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.
  • Meredakan depresi. Bagi penderitadepresi, tak ada salahnya mencoba mandi air dingin. Air dingin yang bersentuhan dengan ujung saraf di permukaan kulit akan mengirimkan impuls-impuls elektrik pada otak. Hal ini akan dibaca sebagai sinyal agar otak tetap aktif dan segar. Otak juga akan memproduksi hormon beta-endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *