Buat kalian yang suka gowes sepeda gunung, jangan lupa bawa peralatan ini ya. Baca juga post sebelumya.

  1. Allen keys (kunci L/ allen) berbagai ukuran. Jika ada baut yang longgar, kunci allen ini akan kalian gunakan. Selain itu, kunci ini juga berguna untuk melakukan penyetelan sepeda seperti meluruskan stem yang miring atau mengatur kemiringan sadel.
  2. Pemotong rantai. Tool ini memang optional karena sebenarnya, tool ini memang biasanya jarang digunakan tetapi sebaiknya tetap disiapkan. Tool ini akan berguna jika rear end atau anting RD (rear derailleur) mengalami bengkok atau patah karena misalnya terantuk batu. Goweser tidak ingin membawa atau menuntun sepeda sampai akhir kan? Oleh karena itu ada baiknya jika kalian membawa tool yang satu ini. Kalian bisa melepas anting dan RD, dan sepeda MTB kalian ubah menjadi single speed untuk sementara.
  3. Cable ties. Terlihat sepeda, tapi benda ini cukup berarti. Cable ties ini digunakan untuk mengikat sesuatu dan akan berguna jika ada part sepeda yang bautnya hilang saat ajrutan. Daripada dibiarkan tanpa ikatan dan longgar, goweser bisa memakai cable ties ini untuk mengikatnya. Ukurannya kecil dan gampang dibawa, jadi tak ada salahnya kalian membawa barang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *