Ternyata minum air es setelah gowes sepeda tidak diperbolehkan oleh ahli-ahli kesehatan. Air es justru mempunyai resiko untuk memunculkan efek yang sebenarnya tidak bagus untuk tubuh kalian. Nah, berikut adalah alasan kalian tidak boleh minum air es setelah berolahraga.

1. Tidak cepat diserap tubuh

Berbeda dengan air dingin (4 hingga 5 derajat Celsius) atau air dengan suhu ruangan, air es ( dibawah 4 derajat Celsius) sebenarnya susah untuk diserap oleh tubuh kalian setelah gowes sepeda gunung. Air dingin dapat melewati lambung lebih cepat sehingga air tersebut bisa dikirimkan menuju usus halus untuk penyerapan yang lebih maksimal. Sesudah gowes, tubuh kalian akan lebih mudah untuk mengalami dehidrasi karena kalian telah kehilangan banyak cairan melalui keringat. Oleh karena itu, air es yang tidak dapat cepat diserap oleh tubuh justru akan membuat kalian merasa semakin haus. Kalian justru lebih mudah terserang dehidrasi dan rasa kembung.

2. Buang air kecil

Seperti yang kita ketahui, semakin banyak minum, semakian kalian akan buang air kecil. Begitu pula dengan air es, minum air es bisa membuat kalian lebih sering buang air kecil, daripada minum air yang mempunyai suhu yang sama dengan ruangan. Hal ini disebabkan karena kandung kemih yang terletak persis di depan usus halus. Semakin dingin suhu usus halus kalian, urin yang dihasilkan pun akan menjadi semakin dingin dan sulit ditahan oleh kandung kemih. Jika kalian terlalu sering buang air kecil, tubuh kalian bisa kekurangan akan kandungan potasium dan sodium. Oleh karena itu, agar dapat menyiasati hal ini, kalian dapat menambahkan sedikit garam pada air minum kalian untuk menyeimbangkan berbagai elektrolit yang hilang selama kalian gowes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  Customer Service Center

Silahkan Pilih cara menyampaikan feedback produk yang anda beli melalui pilihan dibawah ini.

Don’t miss out! Subscribe now

Customer Service Center

we'd love to have your feedback on your experience so far

Customer Service Center

082119545360

Terima kasih

Tim Support kami akan segera menghubungi anda untuk konfirmasi lebih lanjut.