Jika kalian gowes sepeda gunung, dan kemudian kalian jatuh dari sepeda, apa yang akan kalian lakukan? Berikut adalah hal pertama yang sebaiknya kalian lakukan setelah jatuh dari sepeda.

1. Sadarkan diri secara perlahan

Jika jatuh dari sepeda, jangan terburu-buru untuk segera bangun, tapi hal pertama yang bisa goweser lakukan saat terjatuh dari sepeda adalah sadarkan diri secara perlahan dan melihatlah akan sekeliling kalian. Setelah itu, rasakan apakah dengan menggerakan kepala ke atas, bawah, kanan dan kiri, kalian merasa sakit.

2. Periksa kondisi tubuh

Periksa tubuh Anda sebelum mencoba untuk bangun dan memeriksa sepeda kalian. Periksalah juga bagian-bagian tubuh yang kalian tutupi atau lindungi seperti jika kalian menggunakan sarung tangan, coba buka sarung tangan kalian, apakah ada luka. Tanyakanlah juga pada diri kalian, apakah ada rasa sakit di bagian tubuh tertentu, dapatkah kalian merasakan semua anggota tubuh badan kalian, apakah kepala Anda tadi terbentur ke tanah, dan apa ada darah yang keluar dari tubuh? Jika kalian merasakan salah satu dari pertanyaan diatas, jangan mengambil risiko terlalu banyak. Sebaliknya, mintalah bantuan dengan teman ataupun orang yang disekitar dan jangan lupa juga untuk memastikan bahwa semua sendi tulang kalian bergerak dan mampu menopang berat badan. Jangan paksakan diri untuk segera berdiri dan berjalan saat kalian luka atau ada yang sakit. Jika luka yang kalian terima terlihat sedikit dan tidak merasakan sakit, kalian baru bisa untuk bergerak sendiri, tapi tetap jangan paksakan diri kalian. Disarankan untuk tidak memaksa berdiri dan berjalan saat luka atau sakit yang kalian rasakan parah. Kalian bisa berterikan dan meninta bantuan orang sekitar, telpon teman atau keluarga yang terdekat dengan lokasi kalian, atau telpon 118 atau 119.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *