Bagaimana kalian mengetahui apakah tekanan angin pada ban sepeda gunung kalian sudah ideal? Sebenarnya untuk kebanyakan ban, tekanan yang direkomendasikan dicetak pada bagian dinding ban sepeda. Menurut serbasepeda.com, tekanan ban yang direkomendasikan sering ditulis dalam rentang misal 35-65 psi.

Kalian dapat melakukan percobaan dalam kisaran tekanan tertentu untuk menemukan ukuran yang kalian rasa paling baik, agar gowes nantinya, kalian bisa bersepeda dengan nyaman. Kurang tekanan pada ban sepeda sebenarnya membuat pengendaraan sepeda yang lebih nyaman, tapi dengan konsekuensi kecepatan lebih rendah. Sebaliknya dengan tekanan udara lebih tinggi berarti laju sepeda kalian lebih baik, namun aspek kenyamanan akan berkurang.

Jika kalian memompa sepeda gunung dengan ban berukuran 26, kalian mungkin menemukan bahwa rentang tekanan yang lebih luas, yaitu 35-65 psi. Hal ini karena ban ini dapat digunakan pada off road. Untuk yang pertama, 65 psi adalah angka tekanan yang cocok untuk jalan beraspal. Sedangkan untuk Off road, kalian bisa gunakan rentang 35 sampai 40 psi. Hal ini jauh lebih tepat karena lebih ideal dalam menyerap gundukan, batu dan akar yang lebih baik dan menawarkan traksi yang lebih besar untuk kontrol dan penanganan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Customer Service Center

we'd love to have your feedback on your experience so far