Setelah gowes sepeda gunung, jika kalian jatuh dan mengalami luka lecet, ada baiknya kalian baca post berikut. Menurut dr. Nisia Putri Rinayu, luka lecet adalah luka superficial yang hanya mengenai bagian epidermis(lapisan terluar) kulit. Perawatan luka lecet pada umumnya ialah dengan perawatan luka terbuka, yang artinya tidak perlu ditutupi dengan kasa. Untuk perawatan luka lecet, sebaiknya goweser bisa melakukan hal berikut ini.

  • Rutinlah untuk membersihkan luka dengan cairan infus atau NaCl setidaknya 2 kali sehari. Bersihkanlah luka kalian secara menyeluruh dan hindari adanya kotoran yang tertinggal. Jangan bersihkan luka terlalu keras karena bisa menimbulkan luka yang baru.
  • Setelah kalian bersihkan dengan cairan infuse atau NaCl, kalian bisa berikan cairan desinfektan seperti povidone iodine untuk mencegah terjadinya infeksi. Hindari untuk memberikan obat salep atau cream karena dapat menjadi media untuk timbulnya kuman atau bakteri.
  • Biarkan luka terbuka dan jangan ditutup, tetapi pastikan selalu bersih dan hindari untuk selalu terpapar debu atau kotoran.
  • Jaga agar luka tetap kering, jangan terkena air. Jika hendak mandi, tutuplah luka kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  Customer Service Center

Silahkan Pilih cara menyampaikan feedback produk yang anda beli melalui pilihan dibawah ini.

Don’t miss out! Subscribe now

Customer Service Center

we'd love to have your feedback on your experience so far

Customer Service Center

082119545360

Terima kasih

Tim Support kami akan segera menghubungi anda untuk konfirmasi lebih lanjut.