Seperti yang telah kita ketahui kanker dapat menyerang semua orang baik tua maupun muda tanpa terkecuali. Telah dilakukan beberapa penelitian sebelumnya dimana mereka juga telah mengaitkan efek menggunakan sepeda gunung dengan kesehatan. Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, yang telah dirilis dalam British Journal of Cancer, mereka menemukan hubungan atau relasi langsung antara waktu yang dihabiskan untuk gowes  sepeda gunung dengan risiko kanker yang mungkin mereka akan dapatkan.


Menurut penelitian tersebut, mengendarai sepeda gunung selama 30 menit dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker secara general sebesar 34 %.  Risiko kematian akibat terkena penyakit kanker juga menurun sebesar 12 %  jika seseorang gowes sepeda gunung selama 60 menit / satu jam.

Pada penilitian itu, mereka juga menemukan bahwa kebiasaan bersepeda ke tempat kerja atau sekolah juga berhubungan dan ada kaitannya dengan penurunan risiko untuk mengidap penyakit kanker, jantung, diabetes dan semua penyebab kematian lainnya.

Jika goweser menggunakan sepeda gunung untuk pergi ke sekolah atau tempat kerja, ternyata juga terbukti dapat menurunkan 45 persen risiko terkena penyakit kanker dan 46 persen risiko mengidap penyakit jantung, dibandingkan mereka yang mengendarai mobil atau sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *