Buat para pecinta sepeda gunung, sering kali kita mendengar kata gowes. Tapi, tidak tahu asal muasalnya. Nah, dari beberapa sumber secara online dan offline, ternyata arti gowes itu ada banyak. Kata gowes sendiri tidak terdapat di kamus-kamus, tapi ada yang berkata bahwa hal ini lebih ke arah slang / istilah yang biasa orang-orang katakan. Berikut adalah arti gowes,

 

  1. Bahasa gaul yang dipopulerkan oleh Indra Bekti dan Indie Barens. (Eits, bukan ternyata, Gowes adalah plesetan dari yowes yang sering diucapkan Indra Bekti dalam program acara Ceriwis di Trans TV).
  2. Gowes itu artinya genjot ora genjot wis teles, bahasa Indonesianya dikayuh atau tidak dikayuh, badannya basah.
  3. Artinya pergi ke barat. Kutipan lirik lagu yang biasa dinyanyikan pesepeda :(Go West) Life is peaceful there, (Go West) In the open air, (Go West) Where the skies are blue, (Go West) This is what we’re gonna do
  4. Gowes yang artinya mengayuh, alias mengayuh sepeda. Dari bahasa Jawa yang artinya“mengayuh”.

Lantas darimana asal muasal kata gowes ini?

Ada yang mengatakan kata “gowes” berasal dari lagu “Kring Kring Goes Goes” lagu anak-anak yang dibawakan Bayu Bersaudara pada tahun 1988.

Sehingga, kata “goes” terdiri dari kata “go” dan “es” dan kalau dibaca perkata berbunyi “go-es” dan kemudian diplesetkan menjadi kata “gowes”

Namun, ada sebagian orang juga yang mengatakan kalau kata gowes ini sudah ada sebelum tahun 1988. Well, mana ya yang benar? Mungkin buat para pecinta gowes ada yang bisa menambahkan informasinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *